Dalam rangka Membangun Desa Menuju Transformasi digital. Mahasiswa KKN, KKNT DAN PPL II Universitas Lelemuku Saumlaki TA 2023/2024. menggelar “Sosialisasi Pelatihan Penggunaan IT dan Pembuatan Market Place“. IT adalah singkatan dari “Information Technology” atau dalam bahasa Indonesia dikenal sebagai “Teknologi Informasi.” IT adalah suatu konsep yang melibatkan kombinasi perangkat keras dan perangkat lunak komputer untuk memproses, menyimpan, dan menyampaikan informasi. Peranannya semakin terasa signifikan seiring dengan kemajuan teknologi, karena memengaruhi hampir setiap aspek kehidupan. Marketplace adalah sebuah platform online yang mempertemukan penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi jual beli barang dan jasa
Pada hari jumat 29 Desember 2023 pukul 11:00-13:30 WIT bertempat di balai Desa Lumasebu telah dilaksanakan “Sosialisasi Pelatihan Penggunaan IT dan Pembuatan Market Place” yang dilaksanakan oleh mahasiswa KKN, KKNT, Dan PPL II Universitas Lelemuku Saumlaki Tahun Akademik 2023/2024.
Dalam pembukaan kegiatan tersebut Kepala Desa Lumasebu, Bapak Silas Lambiombir A.Md Menyampaikan harapannya bahwa dengan diadakannya kegiatan sosialisasi ini maka para generasi muda khususnya yang ada di desa Lumasebu dapat memiliki pemahaman dan wawasan yang luas dalam memanfaatkan teknologi informasi terutama internet yang sudah menjadi kebutuhan bagi semua manusia dalam menunjang prestasi dan dapat lebih cerdas, kreatif dan produktif dalam menggunakannya
Dalam sambutannya, S.Lambiombir A.Md juga mengungkapkan bahwa “Menyadari perkembangan kemajuan teknologi informasi dan telekomunikasi yang sangat cepat tanpa mengenal batas, ruang dan waktu sudah barang tentu membawa perubahan dan dampak terhadap kehidupan manusia secara positif. Maka kita harus mampu memilih mana yang positif dan bermanfaat maka perlu ditiru, sedangkan yang negatif wajib kita tinggalkan”.
Adapun penyampaian materi pada sesi pertama di bawakan oleh Bapak Mihel Tuatfaru, SE.,MM. tentang “Pembuatan Market Place”. Narasumber memberikan penjelasan tentang cara pembuatan serta mempromosikan prodak-prodak unggulan yang ada di desa tersebut melalui media sosial.
Kemudian Sesi kedua dibawakan oleh Adi Melvin Dasmasela tentang “Penggunaan Media Sosial”. Narasumber memberikan penjelasan tentang cara menggunakan media sosial dengan baik dan cara mengatasi penyalah gunaan media sosial
Selanjutnya Sesi ketiga dibawakan oleh Bapak Yulius Batfutu tentang “Penggunaan Perangkat Lunak”. Narasumber memberikan penjelasan tentang Cara mengoperasikan Perangkat Keras
Tujuan dari kegiatan “Sosialisasi Pelatihan Penggunaan IT dan Pembuatan Market Place” adalah untuk memberikan pengenalan dan pelatihan teknologi informasi kepada masyarakat setempat. Mahasiswa UNLESA akan mendidik dalam penggunaan perangkat lunak dan perangkat keras, peningkatan literasi digital, dan pemanfaatan teknologi untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.
Penulis : Ayu Sailolin, Adi Dasmasela & Andi Elath