Branding, Kata branding berasal dari kata brand, dalam bahasa Indonesia artinya merek, Dalam penggunaannya, kata brand dan branding memiliki makna yang berbeda. Seperti disebutkan di atas, kata brand berarti merek, sedangkan branding adalah prosesnya. Dengan demikian Branding adalah serangkaian strategi atau taktik yang dilakukan oleh perusahaan untuk membangun merek bisnis dan menciptakan citra positif di mata konsumen.
Unsur terpenting pada sebuah kegiatan branding adalah nama dagang atau merek itu sendiri. Namun brand harus didukung juga oleh lambang atau simbol identitas visual sebagai pendukung komunikasi pemasaran sebuah merek agar lebih mudah dikenal dan diingat oleh konsumen.
Unsur-unsur branding di antaranya:
- Nama merek.
- Logo (logo type, monogram, bendera).
- Tampilan visual (desain produk, desain kemasan, desain seragam, dan lain-lain).
- Juru bicara (co-founder, mascot, tokoh perusahaan, orang terkenal).
- Suara (lagu tematik, icon bunyi/ nada).
- Kata-kata (slogan, tagline, jingle, akronim).
Pada hari senin 29 Januari 2024 pukul 10.00 pagi – 12.00 siang WIT bertempat di balai Desa Lamdesar Barat telah dilaksanakan Sosialisasi Branding UMKM yang di laksanakan oleh Mahasiswa KKN, KKNT dan PPL II Universitas Lelemuku Saumlaki Tahun Akademik 2023/2024.
Peserta yang mengikuti kegiatan tersebut berjumlah 24 peserta yang di hadiri oleh Pemerintah Desa, Ketua-ketua RT/RW, kepala Pustu, ketua dewan gereja, UMKM dan Masyarakat Desa Lamdesar Barat dan dosen-dosen serta mahasiswa/I KKN, KKNT, dan PPL II Universitas Lelemuku Saumlaki yang berada di kecamatan Tanimbar Utara Kabupaten Kepulauan Tanimbar.
Bapak Alexander Labobar Sainafat sebagai kepala Desa Lamdesar Barat memberikan sambutan sekaligus membuka dengan resmi kegiatan sosialisasi, dalam sambutannya beliau menyampaikan ucapan terimakasi kepada pihak Universitas Lelemuku Saumlaki yang telah menghadirkan mahasiswa KKN di kecamatan Tanimbar Utara terlebih khusus di desa Lamdesar Barat, dan beliau juga mencapaikan ucapan terimakasih kepada mahasiswa/i yang telah melaksanakan kegiatan sosialisasi Branding UMKM, dan harapan beliau semua peserta dapat mengikuti kegiatan ini dari awal hingga akhir krgiatan.
Jalannya suatu kegiatan agar semua berjalan dengan baik atau terarah telah di beri tugas dan tanggungjawab kepada seseorang untuk menjalankan apa yang sudah di percayakan yaitu : Vista Laurens (sebagai MC), Thomy watratan (sebagai moderator), James Rivaldo matruti (sebagai pembawa Doa).
Dalam kegiatan ini menghadirkan salah satu dosen Universitas Lelemuku Saumlaki sebagai Narasumber yakni Bapak Mihel Tuatfaru, SE.MM untuk membawa materi dalam rangka kegiatan Sosialisasi Branding UMKM. Dalam penjelasannya terkait dengan Barnding UMKM sebagai batu loncatan untuk UMKM yang ada di Desa Lamdesar Barat. Dimana dalam penjelasannya Bapak Mihel Tuatfaru, SE.MM menjelaskan bahwa produk/jualaan yang di jual harus memiliki Branding yang baik. Mulai dari pembuatan,kemasan ,logo hingga penjualan agar dapat meningkatkan kualitas serta nilai jual darii produk tersebut. Lebih lanjut Beliau menjelaskan bahwa Branding yang biasa sja dan tidak menarik akan menjadi kegagalan yang tidak bisa di hindari oleh UMKM-UMKM yang ada sehingga Branding yang baik dan berkualitas sangat penting bagi keberhasilan suatu produk.
Tujuan dari kegiatan Sosialisasi Branding UMKM adalah memberi informasi tentang bagaimana membuat suatu produk UMKM yang menerik dan berkualitas sehingga meningkatkan daya tarik bagi pembeli. Dan dapat meningkatkan kualitas produk tersebut.
Penulis : Thomy mark Watratan, Benediktus Watkaat, James Rivaldo Matrutty