Dalam rangka membangun desa menuju tranformisi digital maka mahasiswa KKN,KKNT, DAN PPL II Universitas Lelemuku Saumlaki TA 2023/2024 melakukan sosialasasi “PEMANFAAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PROMOSI” Media sosial adalah sebuah tempat untuk melakukan aktifitas bersosialisasi berbaur dan bergabung dengan cara lain. Kata sosial media menjadi populer ketika Facebook dan Twitter mulai dikenal oleh kalangan pengguna internet, hal ini yang kemudian membuat sosial media dan internet menjadi tidak terpisahkan. Tidak heran jika mendengar kata sosial media maka pikiran orang banyak tentu akan langsung tertuju pada internet seperti Instagram, Facebook, Twitter, dan semua fasilitas-fasilitas lainnya yang menjebatani hubungan dan interaksi antar manusia
Promosi adalah suatu hal yang harus dilakukan setiap perusahaan. Hal utama dalam promosi adalah membuat pesan yang persuasif yang efektif untuk menarik perhatian konsumen. Berdasarkan fakta tersebut, saat ini instagram tidak hanya digunakan sebagai sarana pemuas kebutuhan hiburan saja, tetapi juga sebagai media sosial yang mempunyai peluang besar untuk melakukan kegiatan bisnis.
Pada Hari rabu 24 – januari 2024 pukul 13:04 WIT bertempat di Balai Desa Watmuri telah di laksanakan “ SOSIALISASI PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PROMOSI ” yang di laksanakan oleh mahasiswa KKN, KKNT & PPL II Universitas Lelemuku Saumlaki Tahun Akademik 2023/2024.
Dalam pembukaan kegiatan tersebut kepala desa Watmuri Bapak Mozes Melmambessy menyampaikan harapanya bahwa dengan di adakan kegiatan sosisalisasi ini maka para generasi muda khususnya di Desa Watmuri dapat memiliki pemahaman dan wawasan yang luas dalam memanfaatkan media sosisal terutama internet yang sudan menjadi kebutuhan bagi semua manusia.
Adapun penyampaian materi yang di bawahkan oleh Bapak Mihel Tuatfaru,SE.,MM. Tentang pembuatan “akun media sosial”. Nara sumber memberikan penjelasan tentang cara pembuatan serta mempromosikan prodak – prodak atau kerajinan tangan yang ada didesa tersebut melalui media sosial.
Tujuan dari kegiatan “ SOSIALISASI PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PROMOSI ” Social media marketing bertujuan untuk memperkenalkan merek atau bisnis kepada audiens yang lebih luas. Dengan memanfaatkan media sosial, bisnis dapat membangun kesadaran tentang produk atau layanan yang mereka tawarkan jadi, pemanfaatan media sosial sebagai alat promosi bukan hanya tentang memperkenalkan produk, tetapi juga tentang membangun hubungan dengan pelanggan dan memahami kebutuhan pasar secara lebih baik.
PENULIS : IDA FRIDA AYU FUTWEMBUN.