Apakah Ada Pertanyaan ?

Implementasi Teknologi Pendidikan (Aplikasi Geogebra) dalam Pembelajaran Matematika di SMA Negeri 10 Kepulauan Tanimbar

 

Ketua Tim Pengabdian kepada Masyarakat dengan Skema Pemberdayaan Berbasis Masyarakat Tahun 2024, Direktorat Riset, Teknologi dan Pengabdian Kepda Masyarakat Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Tekonolgi Mesak Ratuanik, S.Si.,M.Pd melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) di SMA Negeri 10 Kepualaun Tanimbar dengan tema ”Implementasi Teknologi Pendidikan (Aplikasi Geogebra) dalam Pembelajaran Matematika untuk Menunjang Platform Merdeka Mengajar bagi Guru SMA di Kepulauan Tanimbar”  yang di bantu oleh 5 mahasiswa  darri Program studi Pendidikan Matematika Ayu S.A Luturmas, Baceria Werluka, Dewilaras Loiwatu, Nadia Matruty dan Vendalina Kdise.

Kegiatan ini, berlangsung di SMA Negeri 10 Kepulauan Tanimbar selama 2 hari,  mulai dari tanggal 19-20 September 2024. Dalam kegiatan ini turut dihadiri oleh kepala SMA Negeri 10 Kepulauan Tanimbar, para guru serta siswa-siswi.

Mesak Ratuanik, S.Si.,M.Pd sebagai ketua tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dalam sambutnya menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan tri dharma perguruan tinggi yaitu pada dharma yang pertama adalah pendidikan, dharma kedua adalah penelitian dan dharma ketiga adalah pengabdian kepada masyarakat. Pengabdian kepada Masyarakat merupakan kegiatan wajib yang dilakukan oleh dosen sebagai dosen profesional dalam lingkup kementrian pendidikan dan kebudayaan. Ratuanik Juga mengatakan bahwa semoga dalam kegiatan ini dapat meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten Kepulauan Tanimbar khususnya kepada siswa-siswi yang ingin mengenal matematika lebih jauh lagi  terkait dengan aplikasi-aplikasi dalam proses pembelajaran matematika

Kepala SMA Negeri 10 Kepulauan Tanimbar  Paulus Ariteus Kundre, S.Pd yang turut hadir saat itu, sebelum membuka kegiatan dimaksud Kundre menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat baik dengan aplikasi-aplikasi yang akan diberikan kepada siswa-siswi dan para guru dapat dipraktikkan dalam proses pembelajaran serta mendalami aplikasi-aplikasi tersebut sehingga dapat berguna.

Kegiatan PkM (Pengabdian Kepada Masyarakat) ini dinarusumberi oleh Tim PkM sendiri yaitu pada hari pertama ketua tim PkM Mesak Ratuanik, S.Si.,M.Pd memabawakan materi tentang pengenalan aplikasi geogebra. Ratuanik menyampaikan bahwa aplikasi geogebra merupakan aplikasi matematika yang mengabungkan materi-materi matematika seperti materi geometri, aljabar, dan kalkulus. Ratuanik juga meyampaikan bahwa semoga esok adalah waktu yang banyak untuk siswa-siswi dapat mempraktekan atau menggunakan aplikasi geogebra dan bagaimana cara meyelesaikan masalah matematika secara manual dan secara geogebra. Materi yang disampaikan oleh Mesak Ratuanik, S.Si., M.Pd sebagai Narasumber adalah:

  1. Pentingnya Teknologi Pendidikan dalam pembelajaran

Teknologi pendidikan memainkan peran krusial dalam pembelajaran dengan cara yang luas dan mendalam. Teknologi pendidikan memungkinkan akses yang lebih luas ke sumber belajar dan materi pelajaran. Misalnya, siswa di daerah terpencil dapat mengakses bahan ajar dan kursus online yang sebelumnya tidak tersedia. Selain itu, teknologi membantu mengakomodasi berbagai kebutuhan belajar, seperti siswa dengan disabilitas yang dapat menggunakan perangkat bantu untuk mempermudah proses belajar. Dengan bantuan teknologi, pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan individu. Sistem pembelajaran adaptif dan perangkat lunak edukasi memungkinkan materi pelajaran disesuaikan dengan tingkat kemampuan dan kecepatan belajar masing-masing siswa, sehingga meningkatkan efektivitas proses belajar dan hasil yang dicapai. Teknologi menyediakan alat interaktif dan multimedia yang membuat pembelajaran lebih menarik dan dinamis. Game edukatif, simulasi, dan video pembelajaran dapat meningkatkan keterlibatan siswa dan membuat proses belajar lebih menyenangkan. Keterlibatan yang lebih tinggi sering kali berujung pada motivasi belajar yang lebih besar. Teknologi memungkinkan siswa dan guru untuk berkolaborasi secara lebih efektif. Alat komunikasi seperti forum online, aplikasi chat, dan platform pembelajaran berbasis cloud memudahkan kerja kelompok, diskusi, dan umpan balik antara siswa dan guru. Kolaborasi ini membantu siswa untuk belajar dari perspektif yang berbeda dan memperdalam pemahaman mereka tentang materi pelajaran. Teknologi memberikan akses ke berbagai sumber daya yang dapat meningkatkan pembelajaran. Ini termasuk e-book, artikel ilmiah, video tutorial, dan kursus online dari berbagai penyedia di seluruh dunia. Akses ini memungkinkan siswa untuk menjelajahi topik dengan lebih mendalam dan mendapatkan perspektif yang lebih luas. Pembelajaran dengan teknologi membantu siswa mengembangkan keterampilan digital yang sangat penting di dunia modern. Keterampilan ini meliputi penggunaan perangkat lunak, pemrograman, analisis data, dan kemampuan berpikir kritis yang diperlukan di berbagai bidang pekerjaan dan kehidupan sehari-hari. Teknologi pendidikan mempermudah berbagai aspek administrasi sekolah, seperti manajemen nilai, pembuatan laporan, dan pelacakan kemajuan siswa. Sistem manajemen pembelajaran (LMS) dan aplikasi penilaian memungkinkan guru untuk mengelola tugas, ujian, dan umpan balik dengan lebih efisien. Dengan kemajuan teknologi, pembelajaran jarak jauh menjadi lebih mudah diakses. Ini penting untuk situasi di mana siswa tidak dapat hadir di kelas secara fisik, seperti dalam keadaan darurat atau untuk siswa yang menjalani pendidikan dari lokasi yang jauh. Pembelajaran fleksibel ini memastikan bahwa pendidikan tetap dapat diakses oleh semua orang, kapan saja dan di mana saja.

  1. Tujuan Implemntasi

Implementasi teknologi pendidikan, khususnya aplikasi GeoGebra, dalam pembelajaran matematika memiliki beberapa tujuan penting, terutama dalam konteks mendukung platform Merdeka Mengajar untuk guru SMA di Kabupaten Kepulauan Tanimbar. GeoGebra adalah alat yang kuat untuk visualisasi dan interaksi dalam matematika. Dengan menggunakannya, guru dapat membantu siswa memahami konsep matematika yang abstrak melalui visualisasi yang dinamis dan interaktif. Hal ini memungkinkan siswa untuk melihat hubungan antara konsep matematika dan aplikasi praktisnya, yang pada gilirannya meningkatkan pemahaman dan retensi mereka terhadap materi. Platform Merdeka Mengajar bertujuan untuk memberikan kebebasan kepada guru untuk mengajar sesuai dengan kebutuhan dan konteks lokal mereka. GeoGebra mendukung tujuan ini dengan menyediakan alat yang fleksibel untuk mendesain dan menyampaikan materi ajar. Guru dapat membuat materi pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum nasional namun disesuaikan dengan kebutuhan lokal dan gaya belajar siswa mereka. GeoGebra menawarkan berbagai fitur seperti grafik interaktif, konstruk geometri, dan aljabar, yang dapat digunakan untuk membuat pembelajaran matematika lebih menarik. Dengan membuat aktivitas yang interaktif, guru dapat meningkatkan keterlibatan siswa, menjadikan proses belajar lebih menarik, dan mendorong siswa untuk aktif terlibat dalam pembelajaran.

Di Kabupaten Kepulauan Tanimbar, akses ke sumber daya pendidikan mungkin terbatas. GeoGebra, sebagai aplikasi digital yang dapat diakses melalui perangkat komputer atau tablet, membantu mengatasi keterbatasan tersebut dengan menyediakan sumber daya pembelajaran yang dapat diakses secara online. Ini membantu mengurangi ketergantungan pada bahan ajar fisik dan memungkinkan akses ke materi matematika yang berkualitas tinggi meskipun dalam keterbatasan sumber daya. Implementasi GeoGebra dalam pembelajaran juga bertujuan untuk meningkatkan keterampilan teknologi guru. Dengan melatih guru dalam penggunaan GeoGebra, mereka dapat memperluas kemampuan mereka dalam menggunakan teknologi untuk mengajar, yang merupakan salah satu aspek penting dari pengembangan profesional di era digital. GeoGebra memungkinkan pembuatan dan penyelesaian proyek matematika yang berbasis pada masalah nyata. Ini memfasilitasi pendekatan pembelajaran berbasis proyek, di mana siswa dapat mengerjakan proyek yang relevan dengan aplikasi matematika dalam kehidupan sehari-hari. Ini tidak hanya meningkatkan keterampilan matematika tetapi juga kemampuan pemecahan masalah dan keterampilan kritis siswa. GeoGebra mendukung pembelajaran yang berfokus pada analisis dan pemecahan masalah. Dengan fitur-fitur seperti simulasi dan grafik dinamis, siswa dapat lebih mudah melakukan eksperimen dengan konsep matematika dan memecahkan masalah secara lebih mendalam. Ini membantu dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan analitis yang esensial dalam matematika. GeoGebra juga memfasilitasi pembuatan tes dan kuis interaktif yang dapat membantu guru dalam menilai pemahaman siswa secara lebih efektif. Alat ini memungkinkan pembuatan penilaian yang lebih terintegrasi dengan materi pelajaran dan memberikan umpan balik yang lebih cepat dan mendalam kepada siswa.

        3. Apa itu Geogebra

GeoGebra adalah perangkat lunak matematika interaktif yang mengintegrasikan berbagai alat matematika dalam satu platform. Dikenal luas di kalangan pendidik dan pelajar, GeoGebra menawarkan fungsionalitas untuk geometri, aljabar, kalkulus, dan statistik, serta menyediakan berbagai fitur yang memudahkan visualisasi dan eksplorasi konsep matematika.

  1. Manfaat GeoGebra dalam Pendidikan
  • Interaktivitas dan Keterlibatan: GeoGebra membantu meningkatkan keterlibatan siswa dengan menyediakan alat untuk eksplorasi interaktif. Ini memungkinkan siswa untuk belajar melalui penemuan dan eksperimen, yang dapat meningkatkan pemahaman dan retensi materi.
  • Pembelajaran Visual: Dengan fitur visualisasi yang kuat, GeoGebra memungkinkan siswa untuk melihat hubungan antara konsep-konsep matematika dan aplikasi praktisnya. Ini sangat membantu dalam memahami konsep abstrak.
  • Pemecahan Masalah: GeoGebra mendukung pendekatan berbasis masalah dengan memungkinkan siswa untuk melakukan eksperimen dan simulasi. Ini memfasilitasi pengembangan keterampilan pemecahan masalah dan berpikir kritis.
  • Fleksibilitas Penggunaan: GeoGebra dapat digunakan di berbagai tingkat pendidikan, dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Ini mendukung berbagai kurikulum dan metode pengajaran, serta dapat disesuaikan dengan kebutuhan spesifik guru dan siswa.

4. Manfaat GeoGebra dalam Pembelajaran Matematika

GeoGebra menawarkan berbagai manfaat dalam pembelajaran matematika, baik bagi siswa maupun guru. Berikut adalah deskripsi rinci mengenai manfaat GeoGebra dalam konteks pendidikan matematika:

1.     Visualisasi Konsep Abstrak

GeoGebra memungkinkan siswa untuk melihat dan berinteraksi dengan konsep matematika yang abstrak melalui visualisasi dinamis. Misalnya, siswa dapat menggambar grafik fungsi, mengamati perubahan bentuk geometris saat parameter diubah, dan mengeksplorasi hubungan antara aljabar dan geometri. Visualisasi ini mempermudah pemahaman konsep yang mungkin sulit dipahami hanya dengan teks atau gambar statis.

2.    Interaktivitas dan Eksplorasi

GeoGebra mendukung pendekatan pembelajaran berbasis eksplorasi dengan fitur interaktif. Siswa dapat mengubah parameter dan melihat dampaknya secara langsung pada grafik atau konstruksi geometris. Interaktivitas ini memungkinkan siswa untuk bereksperimen dengan konsep matematika, mengembangkan intuisi matematika, dan memahami bagaimana perubahan mempengaruhi hasil.

3.    Peningkatan Keterlibatan Siswa

Dengan alat yang menarik dan interaktif, GeoGebra dapat meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran matematika. Aktivitas yang melibatkan manipulasi langsung dan eksperimen dapat membuat pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan, yang dapat meningkatkan motivasi siswa untuk belajar dan berlatih lebih banyak.

4.    Pembelajaran yang Dipersonalisasi

GeoGebra memungkinkan pembelajaran yang dipersonalisasi melalui fitur-fitur yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan individu siswa. Guru dapat membuat aktivitas atau proyek yang sesuai dengan tingkat kemampuan dan minat siswa, serta memberikan umpan balik yang spesifik dan relevan berdasarkan interaksi siswa dengan alat tersebut.

5.    Pengembangan Keterampilan Pemecahan Masalah

GeoGebra mendukung pembelajaran berbasis masalah dengan memungkinkan siswa untuk bekerja pada masalah yang memerlukan pemecahan masalah dan berpikir kritis. Siswa dapat menggunakan alat GeoGebra untuk menyelesaikan masalah kompleks, melakukan simulasi, dan mencari solusi alternatif, yang mengembangkan keterampilan pemecahan masalah dan berpikir analitis mereka.

6.    Integrasi Aljabar dan Geometri

GeoGebra mengintegrasikan aljabar dan geometri dalam satu platform, memungkinkan siswa untuk melihat hubungan antara dua bidang matematika ini secara langsung. Misalnya, siswa dapat menghubungkan grafik fungsi aljabar dengan konstruksi geometri, seperti titik potong atau sudut, dan memahami bagaimana perubahan dalam satu area mempengaruhi area lainnya.

7.    Fleksibilitas dan Aksesibilitas

GeoGebra dapat digunakan di berbagai perangkat, termasuk komputer, tablet, dan smartphone, serta tersedia dalam versi desktop dan berbasis web. Ini memberikan fleksibilitas dalam penggunaan dan memungkinkan siswa untuk mengakses alat ini di rumah atau di sekolah. Ketersediaan di berbagai platform juga memudahkan integrasi GeoGebra dalam berbagai lingkungan pembelajaran.

8.    Mendukung Pembelajaran Kolaboratif

GeoGebra menyediakan fitur untuk berbagi dan kolaborasi, memungkinkan siswa untuk bekerja bersama dalam proyek atau tugas matematika. Guru dapat membuat dan berbagi materi ajar atau tugas, serta mengatur aktivitas kolaboratif yang melibatkan siswa. Ini memfasilitasi pembelajaran sosial dan kolaboratif, di mana siswa dapat belajar dari satu sama lain dan berbagi pengetahuan.

9.    Pembuatan Materi Ajar dan Evaluasi

Guru dapat menggunakan GeoGebra untuk membuat materi ajar yang interaktif, seperti latihan, kuis, dan simulasi. Alat ini juga dapat digunakan untuk pembuatan penilaian yang lebih menarik dan relevan, serta memberikan umpan balik yang cepat dan mendalam. GeoGebra memungkinkan guru untuk mengevaluasi pemahaman siswa dengan cara yang lebih visual dan berbasis teknologi.

10.  Sumber Daya dan Komunitas

GeoGebra memiliki komunitas global yang aktif dan sumber daya yang melimpah. Guru dan siswa dapat mengakses materi pembelajaran, tutorial, dan contoh proyek yang dibuat oleh pengguna lain. Komunitas ini juga menyediakan dukungan dan inspirasi untuk penggunaan GeoGebra dalam berbagai konteks pendidikan.

Secara keseluruhan, GeoGebra memberikan alat yang kuat dan fleksibel untuk pembelajaran matematika, membantu siswa memahami konsep secara lebih mendalam, meningkatkan keterlibatan, dan mendukung berbagai pendekatan pembelajaran. Dengan memanfaatkan GeoGebra, guru dapat menciptakan lingkungan pembelajaran matematika yang lebih interaktif, efektif, dan menyenangkan. Dalam kegiatan ini Vendalina Kdise mengarahkan siswa-siswi untuk bagaimna cara mendowload aplikasi geogebra di play store.

Pada hari kedua materi dibawakan oleh anggota tim PkM yaitu Baceria Werluka dengan materi persamaan kuadrat. Werluka manyampaikan defenisi persamaan kuadrat cara menentukan titik potong serta mengarahkan siswa-siswi untuk mengambar grafik secara manual dan secara geogebra. Pemateri kedua oleh Ayu Luturmas dengan materi Integral lebih tepatnya integral lipat satu, sebelum menyelesaikan masalah integral tersebut Lurturmas menyampaikan bahwa bentuk daun itu berbeda-beda sehingga volumenya juga berbeda. Luturmas juga mengarahkan siswa-siswi untuk menyelesaikan masalah integral tersebut secara manual dan secara geogebra. Pemateri ketiga Nadia Matruty dengan materi statistika dalam pemaparan materi matruti bersama siswa-siswi menyelesaikan masalah matematika secara manual kemudian dengan menggunakan aplikasi geogebra.

Dalam Kegiatan ini, Mesak Ratuanik S.Si.,M.Pd meberikkan sertifikat kepada peserta kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat yang diwakili oleh 2 Guru Cornelia Malirafin, S.Si dan Syulje P.J. Lololuan, S.Pd sera 2 Siswa Datus Jempormase dan Ursulia Gracia Sainyakit. Kepala SMA Negeri 10 kepulauan Tanimbar memberikan modul ajar yang disediakan oleh tim PkM kepada peserta teladan pada kegiatan PkM Marvel Fenanlampir

Mewakali peserta PkM dari guru dalam testimoni Cornelia Malirafin, S.Si menyatakan bahwa aplikasi ini sangat baik dan membantu dalam pembelajaran terutama dapat meyelesaikan masalag-masalah matematika yang tingkat kesulitannya cukup tinggi dan saya akan mengunakan aplikasi ini dalam proses pembelajaran saya  agar dapat membantu siswa dalam meyelesaikan masalah-masalah matematika yang cukup kompleks. Dan dalam testimo Ursulia Sainyakit yang mewakili peserta PkM dari Siswa-siswi mengatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat sehingga kami dapat mengetahui cara penggunaan aplikasi geogebra  dengan cara baik, menyelesaikan masalah mulai dari materi aljabar, geometri dan kalkulus dan materi yang kami peroleh dapat kami selesaikan secara manual dan geometris

Kepala SMA Negeri 10 Kepulauan Tanimbar Paulus Ariteus Kundre,S.Pd mengatakan bahwa sebelum adanya kegiatan ini guru dan siswa belum memahami aplikasi geogebra ini namun, setelah kegiatan ini ternyata guru dan siswa sebagai peserta kegiatan sangat antusias dan sudah menguasahi aplikasi geogebra ini sehingga dapat di kembangkan dalam proses pembelajaran.

 

Ucapan Terima Kasih

  1. Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi sebagai pemberi dana Pengabdian kepada Masyarakat Pemula Tahun Anggaran 2024
  2. Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah XII Maluku dan Maluku Utara
  3. Tim Reviewer Monev Internal
  4. Universitas Lelemuku Saumlaki
  5. LPPM Universitas Lelemuku Saumlaki
  6. SMA Negeri 10 Kepulauan Tanimbar
  7. Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Lelemuku Saumlaki
  8. Semua pihak yang telah telibat.

    Terkini

    Pengumuman

    Berita Sosmed

    Pimpinan Universitas Lelemuku Saumlaki

    FERLY AGUSTINA SAIRMALY, SE.,M.Si

    REKTOR

    PIMPINAN UNIVERSITAS

    NIDN: 1208048001

    SAMUEL URATH, S.Si.,M.Pd

    WAKIL REKTOR I

    BIDANG : AKADEMIK

    NIDN: 1228118601

    SUKRIYADI, SE.,MM.Akt

    WAKIL REKTOR II

    BIDANG: SDM, UMUM, & KEUANGAN

    NIDN: 1229128301

    PITER TITIRLOLOBY, S.Pd.,MPd

    WAKIL REKTOR III

    BIDANG: KEMAHASISWAAN & ALUMNI

    NIDN: 1218059002 

    CARTES A. RANGOTWAT, SH.,MH

    WAKIL REKTOR IV

    BIDANG: KERJASAMA,  HUKUM & KOMUNIKASI PUBLIK

    NIDN: 1204018901

    Pendiri / Owner / Pengurus
    Yayasan Pendidikan Tinggi Rumpun Lelemuku Saumlaki